Tamatan SD Mahir Membuat Robot

SHANGHAI–Wu Yulu, petani berusia 49 tahun dari pinggiran Beijing, menjadi terkenal karena membuat robot produksi rumahan. Robot buatannya sendiri kini sudah mendapat pengakuan internasional.

Wu membuat robot dari perabotan dan barang bekas yang ada di rumah seperti termasuk kawat dan sekrup. Ia kini telah menciptakan lebih dari 47 robot yang dapat menuang teh, menggambar, dan menyalakan pemantik api.

Pria yang hanya mengenyam pendidikan sekolah dasar ini kini menjadi buah bibir di media Cina karena penemuannya serta keahliannya yang didapat secara otodidak. Kini media asing pun mulai memburunya setelah ia diputuskan akan berpartisipasi dalam ajang World Expo Shanghai yang berlangsung pada Mei hingga Oktober 2010.

“Saya sedikit terkenal sekarang,” ujar Wu malu-malu. Ia telah melakukan pekerjaan membuat robot sejak dua puluh tahun lalu. Kini ia merasa perhatian yang diberikan padanya serta hasil ciptaannya semakin meningkat.

Sejak ia mulai merakit robot pada 1986, Wu sempat hampir membakar rumahnya dan sempat diancam cerai oleh istrinya. Robot pun membuat keuangan keluarganya kembang kempis, namun ia tetap bersemangat.

Besar di lingkungan pertanian ia pun kemudian mengubah sepedanya menjadi mesin pembenihan. Proyek terbarunya adalah sebuah robot yang dapat memberikan pijatan.

Note: “Sebuah sikap ulet yang patut kita ikuti. Dengan hanya bermodalkan otodidak tetapi mampu membuat alat (robot) yang berguna bagi kehidupan manusia”
Print Friendly, PDF & Email

Tulisan ini dipublikasikan di Seri Pengetahuan Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *