Sejarah Negara Spanyol

Sejarah Negara Spanyol

geografi

Spanyol menempati 85 % dari Semenanjung Iberia , yang saham dengan Portugal , di Eropa barat daya . Afrika kurang dari 10 mil ( 16 km ) selatan di Selat Gibraltar . Sebuah luas lereng tengah dataran tinggi di selatan dan timur , dilintasi oleh serangkaian pegunungan dan lembah sungai . Sungai utama adalah Ebro di timur laut , Tajo di wilayah tengah , dan Guadalquivir di selatan. Lepas pantai timur Spanyol di Mediterania adalah Kepulauan Balearic ( 1.936 mil persegi , 5.014 km persegi) , yang terbesar adalah Majorca . Enam puluh mil ( 97 km ) barat Afrika adalah Kepulauan Canary ( 2.808 mil persegi , 7.273 km persegi) .

Sejarah Negara Spanyol

Sejarah Negara Spanyol

pemerintah

Monarki parlementer .
sejarah

Spanyol , awalnya dihuni oleh Celtic , Iberia , dan Basque , menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi pada 206 SM , ketika ditaklukkan oleh Scipio Africanus . Pada AD 412 , barbar Visigoth pemimpin Ataulf menyeberangi Pyrenees dan memerintah Spanyol , pertama dalam nama kaisar Romawi dan kemudian secara mandiri . Pada 711 , kaum muslimin di bawah Tariq memasuki Spanyol dari Afrika dan dalam beberapa tahun menyelesaikan penaklukan negara . Pada 732 , kaum Frank , yang dipimpin oleh Charles Martel , mengalahkan Muslim dekat Poitiers , sehingga mencegah perluasan lebih lanjut dari Islam di Eropa selatan . Perpecahan internal dari Spanyol Islam mengundang penaklukan Kristen stabil dari utara .

Aragon dan Castile merupakan negara Spanyol yang paling penting dari 12 sampai abad ke-15 , dikonsolidasikan dengan pernikahan Ferdinand II dan Isabella I tahun 1469 . Pada 1478 , mereka mendirikan Inkuisisi , untuk membasmi bid’ah dan mengungkap Yahudi dan Muslim yang tidak tulus menjadi Kristen . Torquemada , yang paling terkenal dari para inkuisitor besar , melambangkan kekerasan Inkuisisi dan kekejaman . Yang terakhir kubu Muslim , Granada , ditangkap pada tahun 1492 . Katolik Roma didirikan sebagai agama resmi negara dan kebanyakan orang Yahudi ( 1492 ) dan Muslim ( 1502 ) diusir . Dalam era eksplorasi , penemuan , dan kolonisasi , Spanyol mengumpulkan kekayaan yang luar biasa dan kerajaan kolonial besar melalui penaklukan Meksiko oleh Cortés (1519-1521) dan Peru oleh Pizarro ( 1532-1533 ) . Orang Spanyol Hapsburg monarki menjadi untuk waktu yang paling kuat di dunia. Pada tahun 1588, Philip II mengirimkan Armada terkalahkan untuk menyerang Inggris , tapi kehancuran biaya Spanyol supremasi di laut dan membuka jalan bagi kolonisasi Inggris Amerika . Spanyol kemudian tenggelam dengan cepat ke status kekuatan kedua tingkat di bawah pemerintahan yang lemah raja Hapsburg , dan itu tidak pernah lagi memainkan peran utama dalam politik Eropa. Perang Suksesi Spanyol (1701-1714) mengakibatkan kerugian Spanyol Belgia , Luksemburg , Milan , Sardinia , dan Napoli . Kekaisaran kolonial di Amerika dan Filipina lenyap dalam peperangan dan revolusi selama abad 18 dan 19 .

Pada Perang Dunia I , Spanyol mempertahankan posisi netral . Pada tahun 1923 , Jenderal Miguel Primo de Rivera menjadi diktator . Pada tahun 1930 , Raja Alfonso XIII dicabut kediktatoran , tapi antimonarchist kuat dan gerakan republik menyebabkan ia meninggalkan Spanyol pada tahun 1931 . Konstitusi baru menyatakan Spanyol republik pekerja , putus perkebunan besar , gereja dipisahkan dan negara, dan menyekularisasi sekolah . Pemilihan diadakan pada tahun 1936 kembali kuat depan mayoritas populer , dengan Manuel Azaña sebagai presiden .
Perang Saudara Menghasilkan Peraturan Franco dan pembentukan kembali sebuah Monarki Ceremonial

Pada tanggal 18 Juli 1936, seorang perwira militer yang konservatif di Maroko , Francisco Franco Bahamonde , memimpin pemberontakan terhadap pemerintah . Perang saudara yang diikuti berlangsung tiga tahun dan menelan korban hampir satu juta orang . Franco dibantu oleh Fasis Italia dan Nazi Jerman , sementara Soviet Rusia membantu sisi Loyalis . Beberapa ratus sayap kiri Amerika bertugas di Brigade Abraham Lincoln di sisi republik . Perang berakhir ketika Franco mengambil Madrid pada tanggal 28 Maret 1939. Franco menjadi kepala negara , kepala nasional Partai Falange ( partai yang memerintah ) , dan perdana menteri dan caudillo ( pemimpin) .

Dalam referendum tahun 1947 , orang-orang Spanyol menyetujui undang-undang suksesi Franco – disusun menyatakan Spanyol monarki lagi . Franco , bagaimanapun, terus sebagai kepala negara . Pada tahun 1969 , Franco dan Cortes ( ” negara ” ) yang ditunjuk Pangeran Juan Carlos Alfonso Victor María de Borbón ( yang menikah dengan putri Sophia Yunani pada tahun 1962 ) menjadi raja Spanyol ketika pemerintah sementara yang dipimpin oleh Franco berakhir . Franco meninggal pada 20 November 1975 , dan Juan Carlos diproklamasikan Raja pada 22 November.

Di bawah tekanan dari Catalonia dan Basque nasionalis , Perdana Menteri Adolfo Suárez diberikan aturan rumah untuk wilayah ini pada tahun 1979 . Separatis Basque melakukan ratusan serangan bom teroris dan penculikan . Dengan pemilihan luar biasa dari Perdana Menteri Felipe González Márquez dan Spanyol Partai Pekerja Sosialis -nya di 20 Oktober 1982 , pemilihan parlemen , masa lalu Franco akhirnya dimakamkan .
Spanyol Bergabung dengan Uni Eropa dan Partai Aznar Popular Datang Power

Spanyol masuk NATO pada tahun 1982 . Spanyol , bersama dengan Portugal , bergabung dengan Masyarakat Ekonomi Eropa , sekarang Uni Eropa , pada tahun 1986 . Pemilihan umum Maret 1996 menghasilkan kemenangan bagi Partai Populer konservatif , dan pemimpinnya , José María Aznar , menjadi perdana menteri . Ia dan partainya dengan mudah memenangi pemilu presiden pada 2000.

Pada Agustus 2002, Batasuna , sayap politik ETA Basque organisasi teroris , dilarang . Kebijaksanaan mengemudi partai bawah tanah bukannya mengizinkan itu outlet politik yang sah telah dipertanyakan .

Dukungan Aznar tentang perang AS di Irak sangat tidak populer – 90 % dari Spanyol menentang perang . (Spanyol tidak mengirim pasukan ke Irak selama perang tetapi menyumbang 1.300 pasukan perdamaian selama masa rekonstruksi . ) Namun Partai Aznar Popular melakukannya dengan sangat baik dalam pemilihan kota pada Mei 2003. Kemakmuran relatif negara dan sikap keras perdana menteri terhadap ETA dianggap bertanggung jawab atas menunjukkan kuat .
Bom Teroris di Madrid Menghasilkan Pemerintahan Partai Sosialis

Pada tanggal 11 Maret 2004, Spanyol mengalami serangan teroris paling mengerikan nya : 191 orang tewas dan 1.400 terluka dalam pemboman di stasiun kereta api Madrid . Pemerintah pada awalnya menyalahkan ETA , tetapi segera muncul bukti bahwa al – Qaeda bertanggung jawab . Ketika rekor jumlah pemilih pergi ke TPS hari kemudian , Partai Aznar Popular mengalami kekalahan menyengat , dan José Luis Rodríguez Zapatero dari Partai Sosialis menjadi perdana menteri baru . Banyak orang Spanyol menyalahkan dukungan setia Aznar terhadap AS dan perang di Irak untuk membuat Spanyol target Al-Qaeda . Lainnya marah dengan apa yang mereka lihat sebagai bermotif politik posisi pemerintah bahwa ETA yang harus disalahkan atas serangan pada saat yang sama bahwa hubungan dengan al- Qaeda muncul . Pada April , selusin tersangka , kebanyakan dari mereka Maroko , ditangkap karena pemboman . Pada tanggal 4 April , beberapa tersangka meledakkan diri dalam sebuah penggerebekan polisi untuk menghindari penangkapan . Pada bulan Mei , perdana menteri baru membuat baik pada janji kampanyenya , mengingat Spanyol 1.300 tentara dari Irak , banyak ketidaksenangan dari Amerika Serikat , yang mengatakan Spanyol telah memenuhi tuntutan teroris .

Pada bulan Juni 2005 , kendati ada penentangan kuat dari Gereja Katolik , Spanyol melegalkan pernikahan gay . ( Tiga negara lain mengizinkan pernikahan sesama jenis : Belgia, Belanda , dan Kanada . )
Separatis ETA Grup melucuti dan meninggalkan kekerasan

Setelah empat dekade kekerasan , militan kelompok separatis Basque ETA , yang bertanggung jawab untuk lebih dari 800 kematian dan meneror masyarakat Spanyol dengan pemboman dan serangan lainnya , mengumumkan gencatan senjata permanen pada tanggal 24 Maret 2006. Pada bulan Juni 2007 , namun, ETA meninggalkan gencatan senjata dan berjanji untuk memulai serangan baru .

ETA , kelompok separatis Basque kekerasan , mengumumkan lain gencatan senjata pada September 2011. Pemerintah Spanyol menolak deklarasi tersebut , mengatakan tidak akan melanjutkan pembicaraan damai sampai ETA permanen meninggalkan kekerasan dan meletakkan senjatanya . The ETA tidak hanya itu pada bulan Oktober . Perdana Menteri Zapatero mengatakan langkah itu merupakan ” kemenangan bagi demokrasi , hukum dan akal . ”
Sosialis Kehilangan Kontrol Parlemen Ditengah Krisis Keuangan

Pemerintah membubarkan Parlemen pada bulan Januari 2008 dan menyerukan pemilu baru . Dalam pemilihan bulan Maret , Perdana Menteri Zapatero dari Partai Sosialis terpilih kembali , mengambil 43,7 % suara . Mariano Rajoy dari Partai Populer mengumpulkan 40,1 % . Pada tanggal 12 April , Zapatero mengumumkan kabinetnya , yang untuk pertama kalinya termasuk lebih banyak perempuan daripada laki-laki .

Spanyol terpukul sangat keras oleh resesi global pada tahun 2009 awal , dengan ekonomi yang berkontraksi , defisit anggaran menganga , dan pengangguran mencapai 20 % pada Maret 2010. Pada bulan Mei , Perdana Menteri Zapatero mengumumkan langkah-langkah penghematan , termasuk pemotongan belanja , pengurangan gaji bagi pemerintah dan pekerja sipil , dan peningkatan usia pensiun . Ribuan pekerja memprotes proposal . Parlemen , bagaimanapun, lulus $ 18000000000 pemotongan belanja pada akhir Mei . Kesengsaraan negara terus ke 2011 – pengangguran berdetak hingga 21 % – , dan kemarahan atas rencana penghematan membawa korban pada Partai Pekerja Sosialis Zapatero dalam pemilihan lokal dan regional pada Mei 2011. Zapatero menyerukan pemilihan umum dini , yang akan diadakan pada bulan November , dan mengatakan ia tidak akan lari. Dalam upaya untuk menutup kesenjangan anggaran , pemerintah membawa kembali pajak atas warga terkaya negara yang telah ditinggalkan pada tahun 2008 .

Pada bulan November 2011 pemilihan , Zapatero Partai Pekerja Sosialis mengambil kekalahan pada pemilu . Representasi partai di majelis rendah parlemen jatuh ke 110 kursi dari 169 , dan konservatif Partai Populer memenangkan 186 kursi , mengamankan mayoritas di ruang 350 kursi . Ini adalah penampilan terburuk Sosialis ‘ dalam waktu sekitar 30 tahun . Mariano Rajoy berhasil Zapatero sebagai perdana menteri . Rajoy tidak asing dengan politik . Ia memegang beberapa peran minsterial bawah José María Aznar 1996-2004 . Dia mengambil alih sebagai pemimpin partai pada tahun 2004 dan diperkirakan akan menjadi perdana menteri , namun dikalahkan oleh Zapatero dan Sosialis . Kedua berhadapan lagi pada tahun 2008 , dengan memenangkan pemilihan kembali Zapatero .

Pada bulan April 2012, Spanyol dipukul dengan trifecta berita ekonomi suram: pemerintah mengeluarkan anggaran paling keras di negara itu sejak tahun 1975 , yang disebut sebesar $ 36 miliar pada pemotongan dan kenaikan pajak , pengangguran mencapai 24,4 % , lebih dari dua kali lipat rata-rata Eropa , dan negara jatuh ke dalam resesi untuk kedua kalinya dalam tiga tahun . Bank-bank Spanyol juga menderita , karena banyak orang-orang Spanyol tidak bisa memenuhi kewajiban hipotek mereka . Pada bulan Juni , Spanyol menerima bailout hingga b ? , 100 miliar ($ 125 miliar) dari Uni Eropa untuk merekapitalisasi bank-banknya . Sebagai imbalannya , Rajoy sepakat untuk memberlakukan putaran lain langkah-langkah penghematan untuk mengurangi defisit anggaran negara , termasuk peningkatan dengan pajak penjualan , langkah dia sebelumnya menolak .

Pada bulan September , kesengsaraan domestik Rajoy tumbuh lebih rumit setelah ia menolak permintaan oleh daerah – kemerdekaan mencari dari Catalona untuk lebih mengontrol pengumpulan dan distribusi uang pajak . Sebagai tanggapan , presiden Catalona menyerukan pemilihan umum dini , memicu keprihatinan bahwa drive untuk kemerdekaan akan mengintensifkan . Hari kemudian , Rajoy memperkenalkan anggaran 2013 yang menyerukan kenaikan pajak dan pemotongan belanja yang katanya akan membantu negara memenuhi persyaratan pengurangan defisit Uni Eropa . Pada bulan Oktober , tingkat pengangguran mencapai 25 % , tingkat tertinggi dalam beberapa dekade .

Artikel Terkait negara

  • Sejarah Negara Vietnam

    Sejarah Negara Vietnam geografi Vietnam menempati bagian timur dan selatan semenanjung Indocina di Asia Tenggara, dengan Laut Cina Selatan sepanjang seluruh pantainya. China di utara dan Laos dan Kamboja ke barat. Panjang dan sempit pada sumbu utara-selatan, Vietnam adalah sekitar dua kali ukuran Arizona. Delta Sungai Mekong terletak di selatan. pemerintah Negara komunis. sejarah Orang […]

  • Sejarah Negara Uzbekistan

    Sejarah Negara Uzbekistan geografi Uzbekistan terletak di Asia Tengah antara Amu Darya Syr Darya dan Sungai , Laut Aral , dan lereng Pegunungan Tien Shan . Hal ini dibatasi oleh Kazakhstan di utara dan barat , Kyrgyzstan dan Tajikistan di timur dan tenggara , Turkmenistan di barat daya , dan Afghanistan di selatan . Republik […]

  • Sejarah Negara Uruguay

    Sejarah Negara Uruguay geografi Uruguay, di pantai timur Amerika Selatan selatan Brasil dan timur dari Argentina , sebanding dengan ukuran Oklahoma . Negara ini terdiri dari rendah , dataran bergulir di selatan dan dataran tinggi rendah di utara . Ia memiliki 120 – mil ( 193 km ) garis pantai Atlantik , sebuah 235 – […]

  • Sejarah Negara Turki

    Sejarah Negara Turki geografi Turki berada di ujung timur laut dari Laut Mediterania di Eropa tenggara dan Asia barat daya . Di sebelah utara adalah Laut Hitam dan di barat adalah Laut Aegea . Tetangganya adalah Yunani dan Bulgaria di sebelah barat , Rusia, Ukraina , dan Rumania di utara dan barat laut ( melalui […]

  • Sejarah Negara Suriah

    Sejarah Negara Suriah geografi Sedikit lebih besar dari North Dakota , Suriah terletak di ujung timur Laut Mediterania . Hal ini berbatasan dengan Lebanon dan Israel di sebelah barat , Turki di utara , Irak di timur , dan Yordania di selatan . Pesisir Suriah adalah dataran sempit, di belakang yang merupakan berbagai pegunungan pesisir […]