Sejarah Negara Chili

Sejarah Negara Chili

geografi

Terletak di selatan Peru dan barat Bolivia dan Argentina , Chili mengisi sempit 2.880 – mil ( 4,506 km ) jalur antara Andes dan Pasifik . Sepertiga dari Chili ditutupi oleh rentang menjulang tinggi Andes . Di utara adalah tempat terkering di Bumi , Gurun Atacama , dan di pusat adalah 700 mil panjang ( 1.127 km ) tebal dihuni lembah dengan sebagian besar lahan Chile . Di ujung selatan daratan Chile adalah Punta Arenas , kota paling selatan di dunia, dan di luar yang terletak Selat Magellan dan Tierra del Fuego , sebuah pulau yang terbagi antara Chili dan Argentina . The selatan titik Amerika Selatan adalah Cape Horn , seorang 1.390 kaki ( 424 m) batu di Pulau Horn dalam kelompok Wollaston , yang termasuk ke Cile . Chili juga mengklaim kedaulatan atas 482.628 mil persegi ( 1.250.000 km persegi) wilayah Antartika , Juan Fernández Kepulauan , sekitar 400 mil ( 644 km ) barat daratan , dan Pulau Paskah , sekitar 2.000 mil ( 3.219 km ) barat .

Sejarah Negara Chili

Sejarah Negara Chili

pemerintah

Ceko.

sejarah

Chili awalnya di bawah kendali suku Inca di utara dan Araucanos nomaden di selatan. Pada 1541 , seorang Spanyol , Pedro de Valdivia , didirikan Santiago . Chili memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol pada tahun 1818 di bawah Bernardo O’Higgins dan Argentina , José de San Martin . O’Higgins , diktator sampai tahun 1823, meletakkan dasar-dasar negara modern dengan sistem dua partai dan pemerintahan terpusat .

Diktator 1830-1837 , Diego Portales , berperang dengan Peru 1836-1839 yang diperluas wilayah Chili . Chili berjuang Perang Pasifik dengan Peru dan Bolivia 1879-1883 , memenangkan Antofagasta , Bolivia hanya keluar untuk laut , dan daerah yang luas dari Peru . Pedro Montt memimpin pemberontakan yang menggulingkan José Balmaceda pada tahun 1891 dan mendirikan kediktatoran parlemen yang berlangsung sampai konstitusi baru diadopsi pada tahun 1925 . Industrialisasi dimulai sebelum Perang Dunia I dan menyebabkan pembentukan kelompok Marxis . Juan Antonio Ríos , presiden selama Perang Dunia II , awalnya pro -Nazi namun pada tahun 1944 memimpin negaranya dalam perang di pihak Sekutu .

Pada tahun 1970 , Salvador Allende menjadi presiden pertama di negara non – komunis dipilih secara bebas pada program Marxis . Allende cepat menjalin hubungan dengan Kuba dan Republik Rakyat Cina , memperkenalkan reformasi sosial dan ekonomi Marxis , dan menasionalisasi banyak perusahaan swasta , termasuk yang milik AS . Pada September 1973 , Allende digulingkan dan dibunuh dalam kudeta militer diam-diam disponsori oleh CIA , mengakhiri era 46 – tahun pemerintahan konstitusional di Chili .

Presiden Pinochet Memimpin Selama Rezim Kejam

Kudeta dipimpin oleh junta empat orang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat Augusto Pinochet , yang akhirnya diasumsikan kantor presiden . Berkomitmen untuk menghilangkan Marxisme junta ditangguhkan parlemen , kegiatan politik dilarang , dan kebebasan sipil sangat dikekang . Kediktatoran brutal Pinochet menyebabkan penjara , penyiksaan, penghilangan , eksekusi , dan pengusiran ribuan warga Chile . Sebuah laporan pemerintah pada tahun 2004 menunjukkan bahwa hampir 28.000 orang telah disiksa selama pemerintahannya , dan setidaknya 3.200 pembunuhan dan penghilangan telah terjadi .

Ekonomi , compang-camping di bawah revolusi Sosialis Allende , berangsur-angsur membaik setelah Chile kembali ke privatisasi bawah Pinochet . Pada tahun 1989 , Pinochet kehilangan plebisit pada apakah ia harus tetap berkuasa . Ia mengundurkan diri pada tahun 1990 Januari mendukung Patricio Aylwin . Pada tahun 1993 Desember , Eduardo Frei Ruiz – Tagle , calon dari koalisi kiri-tengah dan anak seorang presiden sebelumnya , terpilih sebagai presiden .

Pinochet , yang telah mempertahankan jabatannya sebagai komandan tentara di kepala setelah 1989 plebisit , pensiun pada bulan Maret 1998. Pada Oktober 1998, ia ditangkap dan ditahan di Inggris pada permintaan ekstradisi dikeluarkan oleh seorang hakim Spanyol yang mencari Pinochet sehubungan dengan penghilangan warga Spanyol selama pemerintahannya . Pengadilan Inggris akhirnya membantah ekstradisi , dan Pinochet kembali ke Chili pada Maret 2000. Dia meninggal pada Desember 2006 pada usia 91 , sebelum menghadapi pengadilan atas pelanggaran kediktatoran 17 tahun itu .

Sosialis Kembali ke Daya

Ricardo Lagos menjadi presiden pada Maret 2000, Sosialis pertama yang memerintah negara itu sejak Allende . Pertumbuhan ekonomi Chile melambat menjadi 3 % untuk tahun 2001 , sebagian hasil dari penurunan harga tembaga internasional dan gejolak ekonomi di negara tetangga Argentina . Pada tahun 2003 , ada beberapa skandal keuangan yang melibatkan informasi orang dalam minor dan penyuapan . Sebagai tanggapan , Lagos memperkenalkan reformasi baru menjanjikan transparansi yang lebih besar . Pada tahun 2004 , Chili mengesahkan undang-undang mengizinkan perceraian untuk pertama kalinya .

Pada pemilihan presiden 2006 , Sosialis Michelle Bachelet memenangkan 53 % suara . Mantan dokter anak adalah korban kediktatoran Pinochet , yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya dan dikenakan ke penjara , penyiksaan , dan pengasingan. Bachelet menjabat pada tanggal 11 Maret , menjadi Chile kepala perempuan pertama negara. Dia berjanji untuk melanjutkan kebijakan ekonomi Chile sukses sementara meningkatkan pengeluaran sosial . Tantangan besar pertama presiden datang ketika 700.000 siswa bangsa mengadakan boikot nasional pada bulan Mei menuntut reformasi pendidikan . Para siswa membatalkan pemogokan pada bulan Juni setelah pemerintah sepakat untuk mengatasi masalah mereka .

Pada Januari 2008 , Presiden Bachelet melantik enam menteri kabinet baru untuk 22 anggota nya . Perubahan utama adalah penunjukan Kristen Demokrat pimpinan Edmundo Perez Yoma untuk Menteri Dalam Negeri , pos politik atas lemari . Bachelet juga diganti menteri ekonomi , pekerjaan umum , pertambangan, pertanian , dan perencanaan . Perubahan kabinet tidak diharapkan untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah .

Gempa menghancurkan Awal Sayap Kanan Aturan

Pada bulan Januari 2010 , untuk pertama kalinya dalam 50 tahun – sejak aturan Pinochet dari Cile memilih presiden sayap kanan . Miliarder pengusaha Sebastián Pinera kalah tipis Eduardo Frei dari Concertation itu, aliansi kiri-tengah yang telah berkuasa selama 20 tahun , di babak kedua pemungutan suara . Pinera , yang terpilih menjadi anggota Senat pada tahun 1990 , memiliki sebuah stasiun televisi , klub sepak bola, dan saham besar di maskapai penerbangan utama negara , Lan Chile . Dia kalah dari Bachelet keluar dalam pemilu 2006 , menjalankan pertamanya sebagai presiden . Pinera mengatakan ia akan menggunakan ketajaman bisnis untuk menciptakan lapangan kerja industri swasta memberikan peran yang lebih menonjol dalam perekonomian . Dia telah menjauhkan diri dari rezim Pinochet , dan kabinetnya terdiri dari kelompok teknokrat tanpa ikatan untuk Pinochet .

Chile diguncang gempa berkekuatan 8,8 pada bulan Februari 2010 . Kematian relatif rendah , dengan sekitar 500 orang tewas dalam kehancuran . Namun , sebanyak 1,5 juta orang mengungsi . Negara , lama diketahui berada pada risiko tinggi untuk gempa bumi , telah diberlakukan kode bangunan yang ketat di daerah perkotaan , yang membantu untuk membatasi jumlah kerusakan di daerah-daerah . Tapi bangunan dan rumah di daerah miskin – banyak dibangun dengan adobe – tidak ongkos juga . Grid Chile listrik, komunikasi , dan sistem transportasi yang rusak parah , sangat menghambat upaya penyelamatan dan bantuan . Episentrum gempa berada 70 km sebelah timur laut dari Concepcion di pusat Chili . Gelombang besar menyebabkan kerusakan tambahan sepanjang pantai .

Pada bulan Maret 2010 , Sebastián Pinera dilantik sebagai Presiden Chile , segera setelah tiga gempa susulan besar dari gempa besar terakhir. Pinera adalah presiden pertama sayap kanan sejak Pinochet . Dia membuat upaya untuk menjauhkan diri dari mantan diktator , dan ia mengumpulkan kabinet teknokrat tanpa ikatan untuk Pinochet . Dia menghadapi kehancuran luas negaranya setelah gempa Februari , mengunjungi zona gempa langsung setelah pelantikannya . Salah satu tindakan pertamanya sebagai presiden baru adalah untuk membentuk tim tanggap darurat untuk menangani rekonstruksi negara pasca bencana .

Nasib Penambang Terjebak paku keling Bangsa

Pada 5 Agustus 2010 , terowongan runtuh di tambang San José , menjebak 33 penambang 2.000 meter di bawah tanah . Hebatnya semua penambang selamat . Tim penyelamat mengebor lubang bor kecil untuk memberikan para penambang dengan makanan , lampu, dan cairan dan untuk memungkinkan mereka untuk mengirim catatan ke dan dari anggota keluarga saat mereka menunggu untuk diselamatkan. Para penambang telah menjadi pahlawan nasional di seluruh Chili . Mereka diselamatkan pada pertengahan Oktober , minggu lebih awal dari yang direncanakan , mengangkat keselamatan satu per satu dalam kapsul penyelamat . Setiap penambang muncul jubliant dan dalam kesehatan yang baik secara keseluruhan mengingat cobaan .

Rencana Bendungan PLTA Penyebab Kemarahan

Segera setelah berhasil menyelamatkan 33 penambang dari tahun 2010 , Presiden Cile Sebastián Pinera memiliki rating persetujuan 63 persen . Pada bulan Juni 2011 , namun , Pinera memiliki rating ketidaksetujuan dari 56 % , yang tertinggi dari setiap presiden Chili sejak demokrasi kembali ke negara itu pada tahun 1990 . Alasan utama untuk nilai menukik persetujuan adalah dukungan Pinera untuk proyek listrik Hidroaysén , rencana untuk membangun lima bendungan di dua sungai dan banjir lebih dari 14.000 hektar cagar alam di wilayah Patagonia .

Sebuah lingkungan komisi pemerintah menyetujui proyek Hidroaysén 3,2 juta dolar Mei 2011, memicu gerakan protes negara-lebar . Protes menyebabkan cedera 28 polisi dan lebih dari seratus ribu dolar dalam kerusakan properti . Satu protes pada awal Juni melibatkan 30.000 demonstran berbaris ke istana presiden , dengan beberapa demonstran melemparkan batu dan potongan kayu di kendaraan polisi . Polisi menembakkan kembali dengan meriam air . Karena keputusan komisi , fokus telah beralih ke saluran transmisi belum disetujui untuk proyek tersebut . Patagonia , dianggap oleh Chili menjadi harta nasional dengan gletser dan danau yang mempesona , menarik ribuan wisatawan setiap tahun .

Chili Pemuda Call for Reform

Sepanjang 2011 , sebagian terinspirasi oleh Musim Semi Arab , para aktivis terus protes dan memulai sebuah gerakan yang kemudian dikenal sebagai Winter Chili . Pada tanggal 4 Agustus 2011, beberapa demonstran mendirikan barikade di sekitar Santiago , ibukota negara , sementara yang lain memukul panci dan wajan . Polisi menggunakan meriam air dan gas air mata untuk membubarkan ratusan SMA dan mahasiswa . Sekitar 900 demonstran ditangkap . Juga pada bulan Agustus , hampir tiga lusin universitas dan siswa SMA melanjutkan mogok makan untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka terhadap pemerintah Presiden Pinera itu . Ini protes pendidikan telah mengambil alih beberapa sekolah , memaksa beberapa untuk menghentikan kelas . Siswa mengorganisir unjuk rasa yang dihadiri oleh 100.000 orang . Para demonstran menuntut sistem universitas lebih mudah diakses dan terjangkau serta kualitas yang lebih tinggi dan pendanaan yang sama untuk sekolah dasar dan menengah .

Pada bulan Oktober 2011 , perwakilan mahasiswa berusaha untuk bernegosiasi dengan perwakilan pemerintah yang dipimpin oleh Felipe Bulnes , menteri pendidikan . Namun, siswa menarik diri dari negosiasi , melaporkan bahwa Bulnes menyerang perwakilan mahasiswa , David Urrea . Bulnes dilaporkan menuduh Urrea mencoba untuk memecah negosiasi . Seorang juru bicara pemerintah menyalahkan ekstremis dalam gerakan mahasiswa untuk rincian negosiasi . Bulnes digantikan oleh Harald Beyer sebagai menteri pendidikan dua bulan kemudian .

Meskipun demonstran mahasiswa tidak mendapatkan semua tuntutan mereka terpenuhi , mereka ikut memengaruhi penurunan yang besar dalam Presiden Pinera rating persetujuan . Pada Januari 2012, Pinera rating persetujuan melayang sekitar 26-30 % .

Artikel Yang Mungkin Berkaitan dengan:

  1. Pot Hoxne Lada
  2. Sejarah Negara Nepal
  3. Sejarah Negara Finlandia
  4. Sejarah Negara Inggris
  5. Sejarah Negara Portugal
Update: 20 August, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>