Langkah-langkah Penyelamatan di Air

Langkah-langkah  Penyelamatan di Air

Usaha seseorang menyelamatkan diri dari kemungkinan terjadinya suatu kecelakaan di air sangat diperlukan. Hal itu disebabkan tanah air kita adalah negara yang berbentuk kepulauan. Setiap orang memahami dan mempelajari bagaimana sebaiknya menghindarkan diri dari kecelakaan di air.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui dalam upaya atau langkah-langkah pertolongan terhadap kecelakaan di dalam air.

a.  Bahaya di air

Olahraga renang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Akan tetapi, kita harus sadar segala risiko yang mungkin terjadi terhadap bahaya di air. Bahaya itu justru timbul dari diri sendiri, antara lain disebabkan: (1) panik (gugup), (2) sulit bernapas, (3) kejang otot, dan (4) ombak.

b.  Usaha-usaha penyelamatan diri di air

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamtan diri di air, antara lain sebagai berikut.

1)  Mempelajari kemampuan berenang dengan baik. Setidaknya mampu untuk menyelamatkan diri sendiri jika terjadi bahaya saat di air.

2)  Jangan berenang sendiri. Hendaklah berenang bersama orang lain yang memang mampu atau mempunyai keahlian memberikan pertolongan jika diperlukan.

3)  Berenang di tempat atau daerah yang memang diperbolehkan menurut peraturan yang ada.

4)  Berusaha sebaik-baiknya mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku di kolam renang/pantai.

5)  Berusaha mempelajari cara-cara praktis memberikan pertolongan atau penyelamatan diri apabila terjadi kecelakaan.

6)  Memahami bagaimana cara memberikan pertolongan pernapasan buatan (resusitasi).

7)  Mengetahui kemampuan diri dan jangan sekali-sekali mencoba di luar batas kemampuan.

8)  Selalu menghindar atau berada di luar air, apabila beberapa saat setelah makan, arus deras ataupun terjadi halilintar.

9)  Selalu menjaga jarak dengan menara ataupun tempat papan loncat indah saat berenang, agar dapat terhindar dari kecelakaan.

10) Mematuhi instruksi guru sebelum turut serta dalam kegiatan olahraga air dilakukan.

11) Berusaha meminta pertolongan, jika sangat membutuhkan pertolongan.

c.  Pertolongan kecelakaan di air

Seringkali kita menjadi bingung jika salah seorang teman ataupun keluarga terancam bahaya tenggelam. Perasaan gugup akan semakin menjadi-jadi, bahkan berkembang menjadi panik karena tidak ada atupun yang sanggup memberi pertolongan dan umumnya berdalih tidak bisa berenang.

Cara memberikan pertolongan kepada korban tenggelam antara lain adalah dengan memberi pertolongan dengan sistem jangkauan. Dalam keadaan darurat, pertolongan dapat dilakukan oleh hampir semua orang. Jenis pertolongan ini disebut pertolongan gapai. Penolong memancarkan tubuhnya kuat-kuat pada kolam dan menjulurkan handuk, galah atau tangan untuk membantu korban yang tenggelam dengan kesiagaan luar biasa agar tidak tertarik ke dalam air.

Semua pertolongan dilakukan tanpa membahayakan penolong. Jenis pertolongan dari darat adalah dengan melempar gelang penampung kepada korban, di mana penolong melemparkan gelang pelumpung kepada korban dengan tali diikatkan dan kemudian menarik korban untuk diselamatkan.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan dengan:

  1. Teknik Dasar Renang Gaya Punggung
  2. Keamanan Ketika Sedang Berenang
  3. Teknik Pernapasan yang tepat untuk Renang
  4. Teknik Renang Gaya Bebas (Crawl Stroke)
  5. Teknik-Teknik Dasar Pertolongan di Air
Update: 18 August, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>