Pengertian Glaukoma dan Mata

Pengertian Glaukoma dan Mata
Glaukoma adalah suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik mata Anda dan semakin memburuk dari waktu ke waktu. Ini sering dikaitkan dengan penumpukan tekanan di dalam mata. Glaukoma cenderung diwariskan dan mungkin tidak muncul sampai di kemudian hari.

Peningkatan tekanan, disebut tekanan intraokular, dapat merusak saraf optik, yang mentransmisikan gambar ke otak. Jika kerusakan saraf optik dari tekanan mata yang tinggi terus, glaukoma akan menyebabkan kehilangan penglihatan permanen. Tanpa pengobatan, glaukoma dapat menyebabkan kebutaan total yang permanen dalam beberapa tahun.
Rekomendasi Terkait Kesehatan Mata

Pengertian Glaukoma dan Mata

Pengertian Glaukoma dan Mata

Kelelahan Mata

Mata kelelahan atau ketegangan mata adalah kondisi umum dan menjengkelkan. Gejala-gejala termasuk lelah, gatal, dan mata terbakar. Kelelahan mata jarang kondisi serius. Tindakan pencegahan akal sehat di rumah, tempat kerja, dan di luar rumah dapat membantu mencegah atau mengurangi kelelahan mata. Tapi kadang-kadang kelelahan mata adalah tanda kondisi yang mendasarinya yang mungkin memerlukan perawatan medis. Jika kelelahan mata berlanjut meskipun mengambil tindakan pencegahan sederhana, pergilah ke dokter. Hal ini terutama penting jika kelelahan mata Anda dikaitkan dengan heada …

Karena kebanyakan orang dengan glaukoma tidak memiliki gejala awal atau nyeri dari peningkatan tekanan ini, penting untuk melihat dokter mata Anda secara teratur agar glaukoma dapat didiagnosis dan diobati sebelum kehilangan penglihatan jangka panjang terjadi.

Jika Anda berusia di atas 40 dan jika Anda memiliki riwayat keluarga glaukoma, Anda harus memiliki pemeriksaan mata lengkap dengan dokter mata setiap satu atau dua tahun. Jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti diabetes atau riwayat keluarga glaukoma atau berisiko untuk penyakit mata lainnya, Anda mungkin harus mengunjungi dokter mata Anda lebih sering.

Mengapa Apakah Tekanan Kenaikan Eye untuk Penyebab Glaukoma?

Glaukoma biasanya terjadi ketika tekanan kenaikan mata Anda. Hal ini dapat terjadi ketika cairan mata tidak beredar secara normal di bagian depan mata.

Biasanya, cairan ini, yang disebut aqueous humor, mengalir keluar dari mata melalui saluran mesh seperti. Jika saluran ini menjadi terhambat, cairan menumpuk, menyebabkan glaukoma. Penyebab langsung penyumbatan ini tidak diketahui, tetapi dokter tahu bahwa itu dapat diwariskan, yang berarti diturunkan dari orang tua kepada anak.

Kurang penyebab umum glaukoma termasuk cedera tumpul atau kimia untuk mata, infeksi mata yang parah, penyumbatan pembuluh darah di mata, kondisi peradangan mata, dan operasi sesekali mata untuk memperbaiki kondisi lain. Glaukoma biasanya terjadi pada kedua mata, tetapi mungkin melibatkan setiap mata sampai batas yang berbeda.

Apa Apakah Jenis Glaukoma?

Ada dua jenis utama glaukoma:

Open-angle glaucoma. Juga disebut wide-angle glaucoma, ini adalah jenis yang paling umum dari glaukoma. Struktur mata tampak normal, tapi cairan dalam mata tidak mengalir dengan baik melalui saluran mata, yang disebut trabecular meshwork.
Sudut tertutup glaukoma. Juga disebut akut atau kronis sudut tertutup atau glaukoma sudut sempit, jenis glaukoma kurang umum tetapi dapat menyebabkan penumpukan tiba-tiba tekanan dalam mata. Drainase mungkin miskin karena sudut antara iris dan kornea (di mana saluran drainase untuk mata terletak) terlalu sempit.

Siapa Gets Glaukoma?

Glaukoma paling sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 40, tetapi juga dapat terjadi pada orang dewasa muda, anak-anak, bahkan bayi. Di Afrika-Amerika, glaukoma terjadi lebih sering dan pada usia lebih dini dan dengan kerugian yang lebih besar dari penglihatan.

Anda berada pada peningkatan risiko glaukoma jika Anda:

Adalah keturunan Afrika-Amerika, Irlandia, Rusia, Jepang, Hispanik, Inuit, atau Skandinavia.
Lebih dari usia 40.
Memiliki riwayat keluarga glaukoma.
Memiliki visi miskin.
Memiliki diabetes.
Ambil obat steroid tertentu, seperti prednisone.

Apa Apakah Gejala Glaukoma?

Bagi kebanyakan orang, biasanya ada sedikit atau tidak ada gejala glaukoma. Tanda pertama dari glaukoma sering hilangnya penglihatan perifer atau samping, yang bisa pergi tanpa diketahui sampai akhir penyakit. Mendeteksi glaukoma dini adalah salah satu alasan Anda harus memiliki ujian lengkap dengan spesialis mata setiap satu atau dua tahun. Kadang-kadang, tekanan intraokular dapat naik ke tingkat yang parah. Dalam kasus ini, sakit mata mendadak, sakit kepala, penglihatan kabur, atau tampilan halos sekitar lampu mungkin terjadi.

Jika Anda memiliki salah satu dari gejala berikut, mencari perawatan medis segera:

Melihat halos sekitar lampu
Kehilangan penglihatan
Kemerahan pada mata
Mata yang terlihat kabur (terutama pada bayi)
Mual atau muntah
Nyeri pada mata
Penyempitan visi (visi terowongan)

Bagaimana Glaukoma Didiagnosis?

Untuk mendiagnosis glaukoma, dokter mata akan menguji penglihatan anda dan memeriksa mata Anda melalui pupil melebar. Ujian mata biasanya berfokus pada saraf optik yang memiliki penampilan tertentu dalam glaukoma. Bahkan, foto-foto saraf optik juga dapat membantu untuk mengikuti dari waktu ke waktu sebagai saraf optik perubahan penampilan sebagai dokter progresses.The glaukoma juga akan melakukan prosedur yang disebut tonometry untuk memeriksa tekanan mata dan tes bidang visual, jika perlu, untuk menentukan apakah ada kehilangan penglihatan samping. Tes glaukoma tidak menimbulkan rasa sakit dan mengambil waktu yang sangat sedikit.

Bagaimana Glaukoma Diobati?

Pengobatan glaukoma mungkin termasuk tetes mata resep, pembedahan laser, atau mikro.

Tetes mata untuk glaukoma. Ini baik mengurangi pembentukan cairan di depan mata atau meningkatkan arus keluar nya. Efek samping dari glaukoma tetes mungkin termasuk alergi, mata merah, pedih, penglihatan kabur singkat, dan iritasi mata. Beberapa obat glaukoma dapat mempengaruhi jantung dan paru-paru. Pastikan untuk memberitahu dokter Anda tentang obat lain yang sedang Anda konsumsi atau alergi.
Operasi laser untuk glaukoma. Bedah laser untuk glaukoma sedikit meningkatkan aliran cairan dari mata dalam glaukoma sudut terbuka atau menghilangkan penyumbatan cairan di sudut tertutup glaukoma. Jenis operasi laser untuk glaukoma meliputi trabeculoplasty, di mana laser digunakan untuk menarik membuka area drainase trabecular meshwork, iridotomy, di mana lubang kecil dibuat di iris, yang memungkinkan cairan mengalir lebih bebas, dan cyclophotocoagulation, di mana sinar laser memperlakukan area dari lapisan tengah mata, mengurangi produksi cairan.
Mikro untuk glaukoma. Dalam operasi yang disebut trabeculectomy sebuah, saluran baru dibuat untuk mengalirkan cairan, sehingga mengurangi tekanan intraokular yang menyebabkan glaukoma. Terkadang bentuk operasi glaukoma gagal dan harus diulang. Untuk beberapa pasien, implan glaukoma merupakan pilihan terbaik. Komplikasi lain dari mikro untuk glaukoma mencakup beberapa kerugian sementara atau permanen visi, serta perdarahan atau infeksi.

Buka glaukoma sudut ini paling sering diobati dengan berbagai kombinasi tetes mata, trabeculoplasty laser, dan mikro. Secara tradisional di AS, obat yang digunakan pertama, tetapi ada peningkatan bukti bahwa beberapa orang dengan glaukoma dapat merespon lebih baik dengan operasi laser awal atau mikro.

Bayi atau glaukoma kongenital – yang berarti Anda lahir dengan itu – terutama diobati dengan pembedahan karena penyebab masalah adalah sistem drainase yang sangat menyimpang.

Bicarakan dengan dokter mata Anda untuk mengetahui pengobatan glaukoma yang tepat bagi Anda.

Bisa Glaukoma Dicegah?

Glaukoma tidak dapat dicegah, tetapi jika didiagnosis dan diobati dini, penyakit ini dapat dikendalikan.

Apa Apakah Outlook untuk Orang Dengan Glaukoma?

Pada saat ini, kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh glaukoma tidak dapat diubah dan tidak dapat dipulihkan. Namun, berhasil menurunkan tekanan mata dapat membantu mencegah hilangnya penglihatan jauh dari glaukoma. Kebanyakan orang dengan glaukoma tidak buta selama mereka mengikuti rencana pengobatan mereka dan memiliki ujian mata secara teratur.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan dengan:

  1. Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan
  2. 7 Tips untuk Mendapatkan Hamil Cepat
  3. Deskripsi Tentang Tanaman Buncis
  4. Penyebab Sakit nekrosis aseptik
  5. Pengertian Katarak Pada Mata
Update: 16 June, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>