Jenis-jenis Leukemia

Jenis-jenis  Leukemia

Tipe-tipe leukemia dapat dikelompokkan berdasarkan seberapa cepat penyakit ini berkembang dan memburuk. Leukemia adalah baik kronis (yang biasanya memburuk secara perlahan) atau akut (yang biasanya semakin memburuk dengan cepat):

Kronis leukemia: Pada awal penyakit, sel-sel leukemia masih bisa melakukan beberapa pekerjaan sel darah putih normal. Orang mungkin tidak memiliki gejala apapun pada awalnya. Dokter sering menemukan leukemia kronis sewaktu suatu checkup rutin – sebelum ada gejala apapun.

Perlahan-lahan, leukemia kronis semakin memburuk. Karena jumlah sel-sel leukemia dalam darah meningkat, orang mengalami gejala, seperti pembengkakan kelenjar getah bening atau infeksi. Ketika gejala muncul, mereka biasanya ringan pada awalnya dan memburuk secara bertahap.
Leukemia akut: Sel-sel leukemia tidak dapat melakukan salah satu pekerjaan sel darah putih normal. Jumlah sel-sel leukemia meningkat pesat. Leukemia akut biasanya memburuk dengan cepat.

Tipe-tipe leukemia juga dapat dikelompokkan berdasarkan jenis sel darah putih yang terpengaruh. Leukemia dapat dimulai dalam sel-sel limfoid atau sel myeloid. Lihat gambar sel-sel ini. Leukemia yang mempengaruhi sel-sel limfoid disebut limfoid, limfositik, atau lymphoblastic leukemia. Leukemia yang mempengaruhi sel-sel myeloid disebut myeloid, myelogenous, atau myeloblastic leukemia.

Ada empat jenis umum dari leukemia:

    Leukemia limfositik kronis (CLL): CLL mempengaruhi sel-sel limfoid dan biasanya tumbuh perlahan-lahan. Hal ini menyumbang lebih dari 15.000 kasus baru dari leukemia setiap tahun. Paling sering, orang-orang yang didiagnosis dengan penyakit adalah diatas umur 55. Ini hampir tidak pernah mempengaruhi anak-anak.

Leukemia myeloid kronis (CML): CML mempengaruhi sel-sel myeloid dan biasanya tumbuh lambat pada awalnya. Hal ini menyumbang hampir 5.000 kasus baru dari leukemia setiap tahun. Ini terutama mempengaruhi orang dewasa.

Akut limfositik (lymphoblastic) leukemia (ALL): ALL mempengaruhi sel-sel limfoid dan tumbuh cepat. Hal ini menyumbang lebih dari 5.000 kasus baru dari leukemia setiap tahun. SEMUA adalah jenis yang paling umum dari leukemia pada anak-anak. Hal ini juga mempengaruhi orang dewasa.

Leukemia myeloid akut (AML): AML mempengaruhi sel-sel myeloid dan tumbuh cepat. Hal ini menyumbang lebih dari 13.000 kasus baru dari leukemia setiap tahun. Hal ini terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan dengan:

  1. Gejala Laktosa Intoleransi
  2. Fungsi Vaksin Influenza (Flu Shot dan Nasal Spray)
  3. Tanda dan Gejala Infeksi Usus
  4. 15 Manfaat Kesehatan Dari Makan Apel
  5. Gigi Berlubang dan Abses Gigi
Update: 19 May, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>