Pengertian Tekanan Gauge

Pengertian Tekanan Gauge

Sifat fluida ini beda tekanan pada fluida sebanding dengan kedalaman dapat kita gunakan untuk mengukur tekanan yang tidak kita ketahui. Mari kita tinjau alat pengukur tekanan yang sederhana yaitu manometer tabung terbuka.  Salah satu ujung tabung yang terbuka dihubungkan dengan ruangan yang hendak kita cari tekanannya, sehingga tekanannya adalah tekanan ruangan. Misalkan tekanannya kita sebut P.  Ujung yang lain dibiarkan terbuka, sehingga tekanan di ujung ini adalah tekanan  udara luar yaitu Po atau tekanan atmosfer.

 Karena adanya tekanan P maka cairan dalam manometer akan berbeda ketinggiannya sebesar h lihat Gambar (7.4).

Pengertian Tekanan Gauge

Pengertian Tekanan Gauge

Perbedaan tekanan antara P dan Po disebut sebagai tekanan Gauge. Tekanan P disebut tekanan mutlak. Kita bias mengatakan bahwa tekanan mutlak adalah tekanan Gauge + tekanan atmosfer.

Pengertian Tekanan Gauge

Pengertian Tekanan Gauge

Besarnya tekanan Gauge adalah rgh. Kerapatan cairan adalah  dalam manometer dan h selisih ketinggian cairan dalam manometer. Tekanan Gauge merupakan tekanan yang ditunjukkan oleh alat ukur. Dalam hal ini alat  ukurnya adalah manometer terbuka.

Pengertian Tekanan Gauge

Pengertian Tekanan Gauge

Pada manometer pipa terbuka:

Pengertian Tekanan Gauge

Pengertian Tekanan Gauge

Bagaimana jika kita menggunakan barometer tertutup? Barometer adalah alat untuk mengukur tekanan udara luar. Mari kita lihat gambar barometer pipa U untuk mengukur tekanan atmosfer di samping ini.

Pada pipa U barometer tekanan di tabung tertutup adalah nol, sedang tekanan pada ujung pipa terbuka adalah tekanan atmosfer. Besarnya tekanan atmosfer dengan demikian adalah:

Pengertian Tekanan Gauge

Pengertian Tekanan Gauge

Artikel Terkait Massa Jenis

  • Pengertian Tekanan Hidrostatika Pengertian Tekanan Hidrostatika

    Perhatikanlah mengapa bendungan semakin dalam dindingnya semakin tebal?  Karena semakin dalam  maka tekanan di dalam fluida akan semakin besar. Benarkah demikian? Kita akan mencoba mencari tahu mengapa demikian. Mari kita tinjau sebagian kecil fluida berbentuk silinder dengan ketinggian h dengan luas penampang A seperti pada Gambar (7.1). Fluida dapat  kita anggap terdiri dari beberapa lapis. […]

  • Massa Jenis dan Tekanan

    Massa Jenis dan Tekanan Kita sering mendengar tentang kerapatan atau massa jenis, kerapatan berat, dan kerapatan relatif. Apa yang dimaksud dengan istilah-istilah tersebut? Kerapatan atau massa jenis  didefinisikan sebagai massa persatuan volume atau kerapatan adalah perbandingan antara massa terhadap volumenya. Bila kerapatan kita beri simbol  r maka kerapatan dapat kita tuliskan: Satuan kerapatan adalah kg/m3. […]

  • Pengertian Gas Pada Udara Pengertian Gas Pada Udara

    Pengertian Gas Pada Udara Atmosfer terdiri atas zat lemas (nitrogen ±78%) dan zat asam (oksigen ±21%) yang memberi kehidupan dan zat-zat lain yang jumlahnya kecil seperti argon, CO2 , Ne, dan lain-lainnya. Semua zat dan gas tersebut ditahan pada bumi oleh gaya tariknya. Karena gaya tarik bumi ini, semua benda yang ada di bumi dan […]