Pengertian Gerak Refleks

Pengertian Gerak Refleks

Gerak merupakan pola koordinasi yang sangat sederhana untuk menjelaskan penghantaran impuls oleh saraf. Gerak pada umumnya terjadi secara sadar, namun ada pula gerak yang terjadi tanpa disadari, yaitu gerak refleks. Impuls pada gerakan sadar melalui jalan panjang, yaitu dari reseptor ke saraf sensori dibawa ke otak untuk selanjutnya diolah oleh otak, kemudian hasil olahan oleh otak berupa tanggapan dibawa oleh saraf motor sebagai perintah yang harus dilaksanakan oleh efektor.

Impuls gerak re eks berjalan sangat cepat dan tanggapan terjadi secara otomatis terhadap rangsangan, tanpa memerlukan kontrol dari otak. Jadi dapat dikatakan gerakan terjadi tanpa dipengaruhi kehendak atau tanpa disadari terlebih dahulu. Contoh gerak re eks misalnya berkedip, bersin, atau batuk.

Pada gerak refleks, impuls melalui jalan pendek atau jalan pintas, yaitu dimulai dari diterimanya impuls oleh sel saraf penghubung (asosiasi) tanpa diolah di dalam otak kemudian langsung dikirim tanggapan ke saraf motor untuk disampaikan ke efektor, yaitu otot atau kelenjar. Jalan pintas ini disebutĀ  lengkung refleks. Perhatikan gambar 8.8. Gerak refleks dapat dibedakan atas re eks otak bila saraf penghubung (asosiasi) berada di dalam otak, misalnya, gerak mengedip atau mempersempit pupil bila ada sinar, dan re eks sumsum tulang belakang bila sel saraf penghubung berada di dalamĀ  sumsum tulang belakang, misalnya refleks pada lutut.

Pengertian Gerak Refleks

Pengertian Gerak Refleks

 

 

Artikel Yang Mungkin Berkaitan dengan:

  1. Apakah itu Penyakit Sinutiris?
  2. Kelainan dan Gangguan pada Sistem Pernafasan
  3. Pengertian Membran Sel/Membran Plasma
  4. Pengertian Retikulum Endoplasma
  5. Macam-macam Bakteri dan Keracunan Makanan
Update: 18 March, 2014

3 comments on “Pengertian Gerak Refleks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>