Metamorfosis Pada Serangga

Kami telah berbicara tentang arthropoda dengan laba-laba dan krustasea , tapi kategori terbesar arthropoda adalah uniramians dengan semua spesies serangga . Ada sekitar 26 perintah di Kelas Insecta dan Anda akan menemukan spesies di mana-mana . Mungkin ada kutu kecil kecil dan mungkin ada nyamuk rakasa di hutan . Mungkin ada kumbang menggali liang di bawah tanah atau capung zipping sekitar kolam. Serangga di mana-mana . Bahkan di kebun belakang sederhana Anda mungkin menemukan dua puluh spesies yang mencakup kupu-kupu , kutu daun , lebah , lalat , kumbang , dan belalang .

Metamorfosis Pada Serangga

Metamorfosis Pada Serangga

 STRUKTUR DASAR
Dengan berbagai seperti , di mana Anda mulai ? Dapatkah kelas dengan begitu banyak spesies memiliki kesamaan ? Ya. Mereka adalah hexapods . Itu berarti mereka biasanya memiliki enam kaki . Sementara rusa mungkin memiliki empat dan laba-laba mungkin memiliki delapan , serangga biasanya memiliki enam kaki . Mereka memiliki eksoskeleton yang terbuat dari kitin . Mereka biasanya memiliki mata majemuk . Mata majemuk memiliki serangkaian aspek , masing-masing bertindak seperti mata kecil dengan bagian-bagian tersendiri . Sebuah mata lalat adalah contoh klasik dari mata majemuk . Mereka juga telah menyelesaikan saluran pencernaan . Meskipun mungkin tidak tampak seperti masalah besar bagi Anda , memiliki mulut dan anus merupakan keuntungan besar bagi suatu organisme .

Di situlah daftar kesamaan akan berakhir . Hal yang menyenangkan adalah di struktur khusus akan Anda temukan pada serangga . Serangga adalah makhluk hidup pertama untuk terbang . Beberapa spesies mengembangkan sayap kitin transparan dan otot penerbangan yang kontrak dengan cepat . Terbang adalah keuntungan besar ketika spesies berkembang. Seluruh niche terbuka untuk spesies baru . Banyak serangga juga telah mengembangkan racun . Lebah adalah contoh mudah serangga yang bisa menyengat dan meracuni Anda . Berbicara tentang lebah , banyak serangga telah mengembangkan senyawa yang berbeda di luar racun . Serangga dapat membuat lilin , sutra , dan madu . Beberapa serangga seperti kupu-kupu memiliki antena .

Serangga-serangga muda memiliki struktur tubuh yang sama seperti yang lebih tua .

METAMORFOSIS

Serangga melalui proses metamorfosis . Ini tidak sama untuk semua spesies. Grasshoppers melalui metamorfosis tidak sempurna yang terjadi ketika kehilangan exoskeleton sebagai tumbuh . Itu tidak lengkap karena bayi belalang tampak pada dasarnya seperti belalang dewasa, hanya lebih kecil . Serangga lain pergi melalui metamorfosis lengkap . Serangga ini termasuk kupu-kupu dan memiliki perubahan lengkap dalam struktur tubuh . Kupu-kupu mulai seperti telur dan menetas menjadi ulat . Ketika saatnya tiba , mereka ulat mengembangkan kasus pelindung dan berubah menjadi kupu-kupu . Awal tampak tidak seperti akhir.

Metamorfosis  Serangga

Metamorfosis Serangga

MANUSIA DAN SERANGGA

Kami mencintai mereka dan kita membenci mereka . Nyamuk menularkan penyakit di seluruh dunia . Karena mereka mengambil dalam darah , virus kecil dan mikroorganisme dapat rides halangan dan berpindah dari satu organisme ke organisme lain . Untuk setiap nyamuk ada lebah madu yang membantu kita penyerbukan tanaman dan memberikan kita dengan beberapa jenis makanan . Sementara lebah mungkin menyengat ketika mereka merasa terancam , mereka membuat pertanian modern mungkin.

Kembali ke negatif . Serangga dapat merusak tanaman kami . Kawanan belalang bisa makan seluruh ladang gandum atau lalat buah bertelur dalam buah kami. Ini adalah pertempuran terus-menerus untuk menemukan cara alami untuk mengendalikan serangga dan masih memungkinkan mereka untuk bertahan hidup . Hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa serangga tidak ingin menyakiti kita atau bersaing dengan kami . Mereka hanya di luar sana mencoba untuk bertahan hidup . Mereka mencari peluang dan mengambil keuntungan dari mereka . Sebuah kesempatan bagi serangga mungkin kepik makan kutu daun dari tanaman kami . Kesempatan lain mungkin memiliki rayap makan kayu di rumah Anda . Mereka hanya pergi ke mana makanan .

Metamorfosis adalah suatu proses biologi di mana hewan secara fisik mengalami perkembangan biologis setelah dilahirkan atau menetas, melibatkan perubahan bentuk atau struktur melalui pertumbuhan sel dan differensiasi sel.

Metamorphosis berasal dari bahasa Yunani yaitu:
meta” (diantara, sekitar, setelah);
morphe” ( bentuk); dan
osis” (bagian dari).

Pada serangga terdapat dua macam metamorfosis utama, yaitu hemimetabola dan holometabola.

Hemimetabola disebut juga sebagai metamorfosis tidak sempurna. Tahapan perkembangannya sebagai berikut:

  • Telur
  • Nimfa, ialah serangga muda yang mempunyai sifat dan bentuk sama dengan dewasanya. Dalam fase ini serangga muda mengalami pergantian kulit (ekdisis). Tiap tahapan diantara pergantian kulit disebut instar. Tergantung dari spesiesnya, bisa terdapat 8-17 instar. Nimfa bisa memerlukan waktu dari mulai 4 minggu sampai dengan beberapa tahun untuk terus berkembang sampai cukup besar untuk berubah menjadi dewasa.
  • Imago (dewasa), ialah fase yang ditandai telah berkembangnya semua organ tubuh dengan baik, termasuk alat perkembangbiakan serta sayapnya.

Biasanya metamorfosis ini terjadi pada serangga seperti capung, belalang, jangkrik dan lainnya. Berikut adalah contoh proses metamorfosis tidak sempurna pada capung :

Holometabola disebut juga sebagai metamorfosis sempurna. Tahapan dari metamorfosis sempurna ini adalah:

  • Telur
  • Larva, serangga muda yang bentuk dan sifatnya berbeda dengan dewasa.
  • Pupa, atau chrysalis. Pupa adalah kepompong dimana pada saat itu serangga tidak melakukan kegiatan apa-apa. Di dalam pupa, serangga akan mengeluarkan cairan pencernaan, untuk menghancurkan tubuh larva, menyisakan sebagian sel saja. Sebagian sel itu kemudian akan tumbuh menjadi dewasa menggunakan nutrisi dari hancuran tubuh larva. Proses kematian sel disebut histolisis, dan pertumbuhan sel lagi disebut histogenesis.
  • Imago, fase dewasa atau fase perkembangbiakan.

Contoh metamorphosis sempurna terjadi pada katak dan kupu-kupu. Berikut adalah proses metamorfosis sempurna pada kupu-kupu monarki:

Lama serangga menghabiskan waktunya pada fase dewasa atau pada fase remajanya tergantung pada spesies serangga itu. Misalnya mayfly yang hanya hidup pada fase dewasa hanya satu hari, dan cicada, yang fase remajanya hidup di bawah tanah selama 13 hingga 17 tahun. Kedua spesies ini melakukan metamorfosis tidak sempurna.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan dengan:

  1. Struktur Tanaman Nonvascular
  2. Macam-macam Sel Tumbuhan dan Fungsinya
  3. Ciri-ciri Jamur Basidiomycota
  4. proses Reaksi kimia
  5. Struktur Tubuh Burung
Update: 31 October, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>