Ciri-ciri Hewan Reptil

Reptil adalah hewan berdarah dingin dan vertebrata ectodermic. Mereka memiliki kapasitas untuk mengatur suhu tubuh mereka sesuai dengan suhu lingkungan. Berikut ini adalah karakteristik dasar dan umum dari semua reptil yang ditemukan di dunia hewan.

Yang pertama dan terpenting karakteristik reptil adalah yang berdarah dingin. Mereka mampu mengatur suhu tubuh batin mereka dengan suhu lingkungan. Mereka memiliki kulit bersisik tetapi tidak adanya rambut atau bulu. Timbangan reptil berkembang sebagai sel permukaan yang penuh dengan Keratin.

Sebagian besar reptil memiliki tulang punggung atau tulang belakang kolom kecuali ular. Semua reptil memiliki panggul yang berhubungan dengan setidaknya dua tulang belakang.

Reptil bertelur untuk melahirkan orang-orang muda, tetapi reptil mampu melahirkan orang-orang muda (yaitu fertilisasi internal). Reptil bertelur amniote yang mampu hidup di luar air. Ini telur amniote memiliki sistem membran yang kompleks dan kerang pelindung yang berpori untuk oksigen dan gas-gas lainnya. Orang-orang muda reptil langsung menetas menjadi dewasa muda tanpa pergi ke panggung atau pengalaman metabolisme larva seperti pada amfibi.

Reptil memiliki tiga bilik jantung kecuali buaya dan buaya yang memiliki empat bilik jantung. Mereka memiliki dua pembuluh darah aorta yang membawa darah dari jantung ke seluruh bagian tubuh yang lain. Paru-paru berkembang dengan baik yang dilipat menjadi kantung kecil yang disebut alveoli membantu reptil untuk bernapas. Semua reptil bernapas melalui paru-paru mereka sepanjang hidup mereka. Alveoli ini sangat meningkatkan luas permukaan internal dan meningkatkan efektivitas paru-paru.

Reptil juga dimiliki ginjal metanephric, dua belas pasang saraf kranial, setidaknya dua tulang belakang, satu bola dan koneksi socket.

Sebagian besar reptil adalah tetrapoda (empat hewan berkaki). Mereka memiliki cakar pada kaki mereka. Reptil seperti ular dan beberapa kadal hanya yang berkaki.

Mengenai organ indra reptil mengandalkan visi mereka daripada indra lainnya kecuali ular yang buta. Reptil menggunakan visi mereka untuk mendeteksi benda-benda di sekitar lingkungan mereka. Semua reptil kurang telinga eksternal, bukan mereka memiliki gendang telinga yang diposisikan rapi mata dan ditempatkan dekat dengan permukaan kulit.

Ciri-ciri Hewan Reptil

  • tubuh terdiri atas kepala, leher, badan dan ekor
  • habitat di darat dan di air
  • tubuh ditutupi sisik yang tersusun atas zat tanduk
  • bernapas dengan paru-paru
  • berdarah dingin (poikiloterm)
  • berkembang biak dengan bertelurpasang kaki, kecuali pada ular
  • umumnya alat gerak berupa dua
  • jantung terdiri dari 4 ruang dengan sekat yang belum sempurna

        Terdapat beberapa perbedaan penutup tubuh pada ciri-ciri reptilia. Pada cicak, sisiknya terbuat dari zat tanduk yang berbintik-bintik. Pada kura-kura dan buaya, tubuhnya terlindungi oleh alat pelindung yang keras disebut karapaks. Pada ular, sisiknya dapat berganti atau mengelupas.

Binatang melata adalah sebutan untuk jenis ciri-ciri reptil atau hewan berdarah dingin dan mempunyai lapisan sisik pada kulit mereka. Sebagian besar binatang melata atau reptilia berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar) dan embrio dari telur mereka di selubungi oleh lapisan yang di sebut membran amniotik, meskipun demikian ada juga jenis binatang melata yang berkembang biak dengan melahirkan anaknya (vivipar), yaitu spesies squamata.

Bentuk Tubuh Reptilia

Ukuran binatang melata atau ciri-ciri reptil bervariasi dari yang memiliki bentuk badan kecil seperti tokek dan kadal, sampai binatang reptil dengan ukuran raksasa seperti buaya dan biawak.

Populasi binatang reptil tersebar di seluruh dunia, mereka dapat hidup dan beradaptasi dengan iklim di sekitar tempat tinggalnya, kecuali di benua antartika tidak terdapat binatang melata atau reptilia.

ciri-ciri Reptilia adalah hewan darat yang dapat hidup di air. Hewan ini bernapas dengan paru-paru. Kulit reptilia sangat keras, kering, dan bersisik. Kulit reptil yang keras disebabkan adanya zat kapur (zat kitin) seperti pada kura-kura. Hewan ini berdarah dingin, bergerak dengan menggunakan perut (melata), seperti ular dan ada juga yang menggunakan keempat kakinya, seperti buaya, komodo, biawak, kadal, dan penyu.

Ciri-ciri Hewan Reptil

Ciri-ciri Hewan Reptil

Reproduksi Reptilia

ciri-ciri Reptilia berkembang biak dengan bertelur dan ada juga yang ber- telur dan beranak. Pembuahan terjadi dalam tubuh induk betina (internal). Reptilia dibagi menjadi empat ordo, yaitu:

a.Ordo Ophidia (bangsa ular), contohnya ular pohon, ular piton, dan ular sawah.

b.Ordo Crocodilia (bangsa buaya), contohnya buaya dan aligator.

c.Ordo Lacertilia (bangsa kadal), contohnya kadal, komodo, bunglon, biawak, dan tokek.

d.Ordo Chelonia ( bangsa kura-kura), contohnya kura-kura dan penyu.