Ciri-ciri Burung (Aves)

Ciri-ciri Burung (Aves)

Ciri-ciri aves merupakan hewan bersayap, berkaki dua, berdarah panas dan bertelur dalam kelompok hewan vertebrata yang besar dan terdapat di seluruh dunia, dari daerah gurun sampai di kutub utara, juga di hutan hujan Amazon, dan Greenland.

Ada lebih dari 8,600 spesies burung yang telah diidentifikasi yang dibagi menjadi 27 order. Selain itu, ada banyak subspesies yang jika dihitung beserta dengan spesies yang diketahui mengandung lebih 3200 jenis.

Ciri-ciri aves merupakan homoioterma, berdarah panas, dengan suhu tetap 40-44 ° C. Tulang burung ringan dan berongga di berbagai ruas untuk mengurangi densitas dan beratnya. Semua burung memiliki paruh, yang berbeda hanyalah bentuk dan ukuran paruhnya. Kebanyakan burung memiliki bulu kecuali sedikit yang tidak memiliki bulu.

Ciri-ciri aves  diyakini merupakan evolusi dari reptil, seperti dinosaurus, yang hidup sekitar 180 juta tahun lampau. Burung berubah dan kehilangan gigi dan ciri reptilia yang lain, saat mengalami proses evolusi yang memakan waktu jutaan tahun.

Pada waktu yang sama, bulu tumbuh pada ekornya dan sayapnya.

Ciri-ciri aves adalah seperti berikut:

  1. Badan ditutupi oleh bulu.
  2. Memiliki paruh yang tidak bergigi dan dua sayap.
  3. Memiliki sisik pada kakinya.
  4. Bertelur dan telurnya dilindungi oleh cangkang keras.
  5. Bernafas melalui paru-paru. Juga terdapat punid-pundi udara atau kantung udara
  6. Berdarah panas.

Meskipun kebanyakan aves bisa terbang ada beberapa spesies yang tidak mampu terbang seperti burung unta, rea, emu, Kiwi dan penguin yang tidak bisa terbang. Semua burung memiliki sayap meskipun pada burung yang tidak dapat terbang, meskipun kecil dan tidak berguna. Burung adalah oviparous yaitu bertelur. Biasanya burung betina akan mengeram telur, terkadang kedua pasangan akan bergilir, dan dalam beberapa spesies burung hanya burung jantan akan mengeramkan telur tersebut. Ada juga spesies burung yang bertelur dalam sarang burung lain untuk dierami oleh keluarga angkat burung.

Aves mempunyai bagian tubuh berupa ekor, badan, leher, dan kepala. Ciri yang paling terlihat adalah adanya bulu yang menutupi seluruh tubuhnya. Bulu-bulu tersebut, selain untuk terbang, juga berfungsi untuk menghangatkan tubuhnya. Ada tiga jenis bulu yang dimiliki oleh burung, antara lain, plumae, yaitu bulu yang langsung menempel pada batang bulu,  plumulae, yaitu cabang dari plumae, dan filoplumae, yaitu plumulae. helaian bulu yang paling halus yang merupakan cabang dari  Burung mempunyai sayap untuk terbang, bernapas dengan paru-paru, mempunyai pundi-pundi udara yang berfungsi untuk menyimpan udara pada waktu terbang, berdarah panas, dan mempunyai suhu yang tetap.

kelompok Aves

Ciri-ciri Burung (Aves)

Ciri-ciri Burung (Aves)

adalah berbagai jenis dalam induk betinanya (internal). Contoh  burung dan ayam.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan dengan:

  1. Klasifikasi Cacing Trematoda
  2. Jaringan Tanaman vascular
  3. ciri-ciri Hewan Annelida
  4. Pengertian Hewan Vertebrata
  5. Pengertian dan Manfaat Mikoriza
Update: 20 August, 2014

One comment on “Ciri-ciri Burung (Aves)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>