Perbedaan Kelenjar Eksokrin dan Endokrin

Perbedaan Kelenjar Eksokrin dan Endokrin
Mari kita mulai dengan meluruskan dasar-dasar. Ada dua jenis kelenjar dalam tubuh kita – mereka dengan saluran dan mereka yang tidak. Kita semua tahu bahwa kelenjar dalam tubuh kita mengeluarkan hormon dan enzim yang bertindak sebagai sinyal kimia yang mengawasi dan mengatur kinerja berbagai fungsi fisiologis penting. Sementara kelenjar dengan saluran melepaskan sekresinya ke saluran yang diproyeksikan dari mereka dan enzim disekresikan dilakukan langsung ke sasaran daerah ( sel, jaringan atau organ tertentu lainnya ) tubuh. Kelenjar ductless, di sisi lain, melepaskan sekresinya langsung ke dalam aliran darah karena mereka tidak memiliki saluran untuk membawa sekresinya ke situs biologis tertentu.

Perbedaan Eksokrin dan Endokrin Kelenjar

Perbedaan Eksokrin dan Endokrin Kelenjar

Darah membawa hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar ini ductless seluruh tubuh, sehingga organ-organ yang bersangkutan atau fungsi untuk memanfaatkan ini ketika hormon ini sarat darah mencapai mereka. Kelenjar yang memiliki saluran yang dikenal sebagai eksokrin Kelenjar sementara rekan-rekan mereka ductless dikenal sebagai endokrin Kelenjar. Jadi, apa perbedaan utama antara eksokrin dan endokrin kelenjar ? Nah, selain dari bahan kimia yang berbeda, enzim dan hormon yang dihasilkan oleh masing-masing kelenjar ( yang menetapkan setiap kelenjar terpisah ), satu-satunya faktor yang membedakan kelenjar eksokrin dari kelenjar endokrin adalah ada atau tidak adanya saluran kelenjar.

Eksokrin vs Endokrin Kelenjar dengan Contoh

Mari kita lihat lebih dekat endokrin dan eksokrin kelenjar untuk memahami perbedaan halus antara keduanya, sekarang bahwa perbedaan mendasar dan paling jelas adalah jelas. Deskripsi dari masing-masing kategori kelenjar akan diikuti dengan daftar dari semua kelenjar yang termasuk dalam masing-masing kategori untuk pemahaman yang lebih jelas dari subjek.

Kelenjar endokrin : kelenjar endokrin adalah hormon utama yang memproduksi kelenjar tubuh yang melepaskan berbagai hormon dan utusan kimia yang sama langsung ke dalam aliran darah. Kadang-kadang, hormon dan enzim kimia dimaksudkan untuk organ tertentu disekresikan ke organ-organ ini langsung oleh kelenjar endokrin yang terletak di dekat dengan organ-organ yang bersangkutan. Misalnya, dalam kasus sinyal parakrin yang terjadi untuk merangsang pertumbuhan sel ( dikenal sebagai faktor pertumbuhan ) serta memicu pembentukan bekuan darah, sel-sel sinyal kimia yang berada dalam jarak dekat organ target dan sel-sel bertindak atas yang terakhir langsung. Berikut adalah daftar dari kelenjar endokrin utama yang mensekresikan beberapa hormon yang paling signifikan yang mengatur fisiologis kami serta kimia psikologis.

  • thyroid Gland
  • pineal Gland
  • thalamus Gland
  • pituitary Gland
  • hati
  • pankreas
  • Kelenjar adrenal
  • Ovarium ( pada wanita saja)
  • Testis ( pada laki-laki saja)

Meskipun tidak secara khusus dikenal sebagai bagian dari sistem endokrin, perut juga mengeluarkan hormon, yang dikenal sebagai Ghrelin, yang adalah apa yang menyebabkan rasa lapar yang mendapat otak untuk percaya bahwa perut kosong.

Kelenjar eksokrin : kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang memiliki saluran melalui mana mereka melepaskan berbagai senyawa cair-cair dan semi yang tidak hormon atau jenis sinyal kimia. Kelenjar eksokrin yang berbeda menghasilkan sekresi yang berbeda yang dibawa oleh saluran target tujuan mereka. Beberapa sekresi kelenjar eksokrin utama meliputi susu, keringat, air liur, lendir, empedu, asam lambung, pepsinogen, sebum, jus pankreas, dll berbagai kelenjar eksokrin utama tubuh adalah sebagai berikut : -

  • Kelenjar saliva
  • Kelenjar sebaceous
  • Sudoriferous Kelenjar ( kelenjar keringat )
  • Kelenjar susu
  • perut
  • pankreas
  • hati

Saya rasa itu cukup banyak membersihkan semua keraguan, apapun, bahwa Anda mungkin telah memendam mengenai faktor-faktor yang membedakan yang mengatur eksokrin dan endokrin kelenjar dalam tubuh manusia terpisah. Kelenjar tertentu melakukan baik eksokrin dan endokrin berfungsi sebagai mereka mengeluarkan kedua hormon dan enzim non – hormon. Contoh menonjol seperti kelenjar double- fungsi meliputi lambung ( sekresi eksokrin = asam lambung, sekresi endokrin = ghrelin ) dan pankreas ( sekresi eksokrin pankreas = jus, sekresi endokrin = insulin ).

Artikel Yang Mungkin Berkaitan dengan:

  1. Fungsi Membran Sel Pada Tumbuhan
  2. Fungsi Sistem Saraf Simpatik
  3. Mengembalikan Keseimbangan
  4. Fungsi Pembuluh Darah Portal
  5. Pengertian Kelenjar Epitel
Update: 20 August, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>